Cara menghilangkan sifat sombong
By Pixabay
OBAT MUJARAB atau Cara UNTUK MENGOBATI SIFAT TAKABBUR/SOMBONG.

Didalam kitab Bidayatul Hidayah dan Nashoihul Ibad ada sebuah keterangan sebagai berikut:

إﺫﺍ ﻟﻘﻴﺖ أﺣﺪﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺭأﻳﺖ ﺍﻟﻔﻀﻞ ﻟﻪ ﻋﻠﻴﻚ، ﻭﺗﻘﻮﻝ: ﻋﺴﻰ أﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺧﻴﺮﺍ ﻣﻨﻲ ﻭأﺭﻓﻊ ﺩﺭﺟﺔ
"Jika engkau bertemu dengan seseorang, maka yakinilah bahwa dia lebih baik darimu. Ucapkan dalam hatimu, “Mungkin kedudukannya di sisi Allah jauh lebih baik dan lebih tinggi dariku"."
فاﻥ ﻛﺎﻥ ﺻﻐﻴﺮﺍ ﻗﻠﺖ: ﻫﺬﺍ ﻟﻢ ﻳﻌﺺ ﺍﻟﻠﻪ ﻭأﻧﺎ ﻗﺪ ﻋﺼﻴﺖ ﻓﻼ ﺷﻚ إﻧﻪ ﺧﻴﺮ ﻣﻨﻲ
"Jika bertemu anak kecil, maka ucapkanlah dalam hatimu, "Anak ini belum bermaksiat kepada Allah, sedangkan diriku telah banyak bermaksiat kepadaNya. Tentu anak ini jauh lebih baik dariku"."
ﻭإﻥ ﻛﺎﻥ ﻛﺒﻴﺮﺍ ﻗﻠﺖ: ﻫﺬﺍ ﻗﺪ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻗﺒﻠﻰ
"Jika bertemu orang tua, maka ucapkanlah dalam hatimu, "Dia telah beribadah kepada Allah jauh lebih lama dariku, tentu dia lebih baik dariku"."
ﻭإﻥ ﻛﺎﻥ ﻋﺎﻟﻤﺎ ﻗﻠﺖ: ﻫﺬﺍ أعطى ﻣﺎ ﻟﻢ أﺑﻠﻎ ﻭﻧﺎﻝ ﻣﺎ ﻟﻢ أﻧﻞ ﻭﻋﻠﻢ ﻣﺎ ﺟﻬﻠﺖ ﻭﻫﻮ ﻳﻌﻤﻞ ﺑﻌﻠﻤﻪ
"Jika bertemu dengan seorang yang berilmu, maka ucapkanlah dalam hatimu, "Orang ini memperoleh karunia yang tidak kudapat, mencapai kedudukan yang tidak kucapai, mengetahui apa yang tidak kuketahui dan dia mengamalkan ilmunya, tentu dia lebih baik dariku"."
ﻭإﻥ ﻛﺎﻥ ﺟﺎﻫﻼ ﻗﻠﺖ: ﻫﺬﺍ ﻋﺼﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺠﻬﻞ ﻭأﻧﺎ ﻋﺼﻴﺘﻪ ﺑﻌﻠﻢ ﻭﻻ أﺩﺭﻱ ﺑﻤﺎ ﻳﺨﺘﻢ ﻟﻰ أﻭ ﺑﻤﺎ ﻳﺨﺘﻢ ﻟﻪ
"Jika bertemu dengan seorang yang bodoh, maka katakanlah dalam hatimu, "Orang ini bermaksiat kepada Allah kerana dia bodoh (tidak tahu), sedangkan aku bermaksiat kepadaNya padahal aku mengetahui akibatnya. Dan aku tidak tahu bagaimana akhir umurku dan umurnya kelak"."
ﻭإﻥ ﻛﺎﻥ ﻛﺎﻓﺮﺍ ﻗﻠﺖ: ﻻ أﺩﺭﻱ ﻋﺴﻰ أﻥ ﻳﺴﻠﻢ ﻓﻴﺨﺘﻢ ﻟﻪ ﺑﺨﻴﺮ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﻭﻋﺴﻰ أﻥ أﻛﻔﺮ ﻓﻴﺨﺘﻢ ﻟﻲ ﺑﺴﺆ ﺍﻟﻌﻤﻞ
"Jika bertemu orang kafir, maka katakanlah dalam hatimu, "Aku tidak tahu apa yang akan terjadi, bisa jadi dia memeluk Islam dan mengakhiri hidupnya dengan perbuatan baik, sedang aku bisa saja berbuat kafir dan mengakhiri hidupku dengan perbuat buruk"."

Al-Imam Hujjatul Islam Abu Hamid Muhammad Bin Muhammad Al-Ghozali didalam karyanya kitab Bidayatul Hidayah halaman 79.

Semoga bermanfaat.

Aamiin.
Sumber :
Group Whatsap NGAJI SAMBIL NGOPI.

#FPKK_DUKEM.
0 Komentar untuk "Cara Mengobati / Menghilangkan Sifat Sombong / takabbur"

Assalamualaikum. Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat dunia akhirat, dan mohon maaf atas semua kekurangan. Kami menerima kritik, saran, dan pengetahuan yang anda miliki. Apabila anda mempunyai pengetahuan yang berdasarkan referensi yang akurat, silahkan bagikan melalui komentar, dan insya allah akan kami terima ( Publikasikan ).
Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh