MASIGNCLEAN101

Tanda tanda ciri malam lailatul qodar / qadar

iklan banner
Ciri atau tanda malam lailatul qodar.
By Pixabay.
PERKIRAAN LAILATUL QODAR
إعانة الطالبين: (٢٥٧/٢)

قال الغزالي وغيره إنها تعلم فيه باليوم الأول من الشهر فإن كان أوله يوم الأحد أو يوم الأربعاء فهي ليلة تسع وعشرين,أو يوم الاثنين فهي ليلة إحدى وعشرين,أو يوم الثلاثاء أو الجمعة فهي ليلة سبع وعشرين,أو الخميس فهي ليلة خمس وعشرين,أو يوم السبت فهي ليلة ثلاث وعشرين.
قال الشيخ أبو الحسن الشاذلى ومنذ بلغت سن الرجال ما فاتتني ليلة القدر بهذه القاعدة المذكورة.
Imam Al_Ghozali dan ulama' yg lain berkata,sesungguhnya lailatul qodar itu bisa diketahui dari awal hari permulaan bulan :

jika awalnya jatuh pada hari ahad atau rabu maka lailatul qodar jatuh pada malam ke 29

jika awalnya jatuh pada hari senin maka lailatul qodar jatuh pada malam ke 21

jika awalnya jatuh pada hari selasa atau jum'at maka lailatul qodar jatuh pada malam ke 27

jika awalnya jatuh pada hari kamis maka lailatul qodar jatuh pada malam ke 25

jika awalnya jatuh pada hari sabtu maka lailatul qodar *jatuh pada malam ke 23*

Syeh Abul Hasan As_Syadzili berkata :
”̮ Semenjak saya menginjak usia dewasa lailatul qodar tidak pernah meleset dengan jadwal tersebut "

_*WALLOHU A'LAM*_

*🕋Rosululloh saw.bersabda🕋*
Dari S.'Aisyah ra.bahwa Rosululloh saw Bersabda:

  تحرواليلةالقدر فى الأوتار من العشر الأواخر من رمضان. (رواه البخاري).
Carilah dg segala daya upaya malam *Lailatul Qodr* itu di malam2 ganjil dari sepuluh malam yg akhir dari Romadhon (HR.BUKHORI)

Jadi tdk ada ketentuan waktunya dari Nabi cuma Ulama'2 ahli ibadah memperkirakan seperti keterangan di atas kemungkinan para ahli ibadah sering menemukan *Lailatul Qodr* di waktu2 tsb.

Ada cara barangkali dg kasih sayangNya kita bisa di anggap mendapatkan  *Lailatul Qodr* yaitu sholat 'isya' dan Subuh berjama'ah dg istiqomah.

 👉perhatikan hadits ini:


حدثنا عبدالرحمن بن أبي عمرة قال: دخل عثمان بن عفان المسجد بعد صلاةالمغرب فقعد وحده فقعدت اليه، فقال: يا ابن أخي سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم،يقول: من صلى العشاء في فكأنما قام نصف الليل، ومن صلى الصبح في جماعة فكأنما صلى الليل كله.
S.Abdurrohman bin Abu Amrah menceritakan kpd. kami, dia berkata: S.Utsman bin Affan masuk ke dalam Masjid setelah sholat Maghrib, lalu beliau duduk sendirian,lalu aku duduk di dekatnya.

Kemudian S.Utsman berkata: Wahai keponakanku,,,aku telah mendengar Rosululloh saw Bersabda: Barangsiapa sholat 'Isya' berjama'ah, maka seakan akan dia qiyamullail selama setengah malam dan Barangsiapa sholat Subuh berjama'ah, maka seakan akan dia qiyamullail semalam penuh. (HR.MUSLIM).

Saudaraku marilah kita berusaha dengan segala macam cara mudah-mudahan bisa mendapatkannya kalau tdk sekarang kapan lagi,karna bisa jadi hari ini atau besok maut menjemput kita,lalu apa bekal/Amal baik yg akan di bahwa.?

Manfa'atkan kesempatan yang di berikan oleh Alloh sebaik baiknya,beribadah di malam *Lailatul Qodr* lebih baik dari beribadah 1000.bulan/83.th + 4 bulan.

Sungguh luar biasa,mudah-mudahan kita semua mendapatkannya.

 Aamiin Allohumma Aamiin.
Sumber dari group whatsApp " Ngaji Sambil Ngopi ".
#FPKK_DUKEM.
Share This :
Kang Mursidi