MASIGNCLEAN101

Rahasia dari Pentingnya sebuah Adab, Ahlak, atau Tata Krama

iklan banner
(Kyai Uzairon)

Sholat di masjid itu penting...tapi adab dalam masjid itu lebih penting.

Sholat itu penting...namun adab dalam sholat itu lebih penting.

Membaca Alquran itu penting...namun adab membaca Al quran itu lebih penting,Karena amalan tanpa adab tidak akan ada keberkahannya.

Sebagaimana ada seseorang yang ingin memberikan hadiah yang besar kepada raja namun dengan pakaian yang tidak sopan,dengn tangan kiri misal,tentu saja raja akan marah dan menolak hadiah tersebut karena hakikatnya raja tidak perlu pemberian.

Namun sebaliknya walaupun pemberiaan itu kecil namun dengan adab yang baik,maka akan membuat seorang raja senang dan menerima pemberian tersebut walaupun hakikatnya raja tidak perlu dengan pemberian tersebut.

Adab adalah mengagungkan segala sesuatu yang berhubungan dengan agama.

Lahirnya para ulama tidak lepas karena orang tuanya memuliakan Adab.
Kenapa para ulama menjadi orang-yang mulia ? Itu karna mereka dan orang tuanya selalu mengutamakan adab kepada orang-orang yang mulia,hususnya pada para guru-guru mereka.

Al fatih, panglima besar penakluk konstantinopel (istanbul) tidak lepas karena orang tuanya sangat memuliakan adab,Dikisahkan orang tuanya tidak pernah duduk apabila dirumahnya ada alquran.

Dalam kitab ihya, Seseorang yang menghormati orang dunia(para pejabat) lebih daripada orang akhirat(para ulama dan orang-orang Sholeh)maka anak cucunyanya tidak akan pernah jadi anak sholeh apalagi ulama.

Apalagi orang yang membenci,memusuhi dan su,ul ada kepada para Ulama dan orang-orang Sholeh,tentu akan semakin parah kelak nasib dan keadaan anak cucunya,akan jauh dari kealiman dan kesholehan.

Raja Romawi mendapatkan keberkahan karena adab, Ketika dikirim surat oleh Baginda Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wa sallam dia menjaga surat dan menyimpannya maka Baginda Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wa sallam berkata bahwa kerajaan romawi (eropa) tidak akan runtuh sampai hari kiamat.

Sebaliknya Raja persia ketika dikirimi surat oleh Baginda Nabi Sallallahu 'Alaihi Wa sallam dia menyobek dan membuangnya maka Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wa sallam berkata kerajaan dia akan runtuh. Maka runtuhlah kerajaan persia.

Dengan adab amal kecil akan bernilai besar dan sebaliknya tanpa adab amal besar bisa tidak bernilai.

Semoga kita bisa menjaga adab dalam setiap amal perbuatan kita,Semoga hari-hari  kita diberkahi oleh Allah dengan adab.

Aamiin.

#FPKK_DUKEM.
Share This :
Kang Mursidi