MASIGNCLEAN101

Rahasia Sholawat pada Hari, dan Malam Jumat

iklan banner
Santri Nglutuk
17 mnt ·

PERBANYAKLAH SHOLAWAT PADA HARI JUM'AT,BAIK MALAMNYA ATAUPUN SIANG HARINYA.

Al-Syeh Zianuddin Bin Abdul Aziz Al-Malibari dan Sayyid Bakri menjelasakan didalam kitab Fathul Mu'in dan I'anatuttholibin.

ويسن إكثار صلاة على النبي صلى الله عليه وسلم يومها وليلتها(اى يوم الجمعة وليلتها) للأخبار الصحيحة الأمرة بها,فالإكثار منها أفضل من إكثار ذكر او قرأن لم يرد بخصوصه.

يعنى أن الإكثار من الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فى يوم الجمعة وليلتها أفضل من الإكثار بغيرها من الذكر والقراءة.

Disunahkan memperbanyak sholawat atas Nabi Muhammad SAW pada hari jum'at dan malam jum'at,karna ada beberapa hadits shoheh memerintahkan tentang hal itu.

Memperbanyak sholawat pada hari Jum'at dan malam Jum'at lebih utama dibanding memperbanyak dzikir dan membaca Al-qur,an yang tidak ada tuntunan langsung dari Rasulullah SAW yang duhususkan pada hari jum'at atau malam jum'at.

Namun apabila dzikir dan membaca Al-qur,an yang ada tuntunan husus langsung dari Rasulullah SAW,maka membaca dzikir dan Al-qur,an jauh lebih utama dibanding memperbanyak sholawat,seperti membaca surat Al-kahfi dan membaca tasbih setelah sholat 5 waktu.

(قوله: لم يرد بخصوصه)...الى أن قال: اى لم يرد مكل من الذكر والقرأن عن النبي صلى الله عليه وسلم بخصوصه,فإن ورد فيه ذلك بخصوصه,كقراءة الكهف والتسبيح عقب الصلوات فالإستغال به أفضل من الإستغال بالصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم.

Fathul mu'in halaman 43.

I'anatuttholibin juz 2 halaman 102-104.

Jadi kesimpulannya disamping kita memperbanyak sholawat pada hari jum'at dan malam jum'at,jangan lupa kita perbanyak juga membaca surat Al-kahfi pada hari jum'at,setidaknya 3x,(lebih afdlolnya membaca surat Al-kahfi setelah subuh).

Jangan pula kita tinggalkan dzikir dan wiridan yang ma,tsur setelah habis sholat.

والله أعلم بالصواب.

#FPKK_DUKEM.
Share This :
Kang Mursidi